Senin, 20 April 2009

Japan Scariest Creatures-part 1

konbawa, j-lover....
D postingan kali ini, kita akan membahas japan scariest creature, thx bwt vardan-kun yg sdh nge request....
Bersiaplah untuk takut......

Sejak dahulu kala, masyarakat jepang percaya dengan adanya mkhluk-makhluk irasional yg tak bisa dijelaskan secara rasional pada masa itu. Diantara makhluk-makhluk irasional
tersebut ada yg dikelompokkan menjadi obake, youkai, yuurei, dan oni.

Obake satu macam benda yg berubah dari satu bentuk ke bentuk yg lainnya, youkai adalah hantu yg dipercaya merupakan penjelmaan roh alam,dll, namun bukan berasal dari roh manuia yg telah mati.Yuurei secara harafiah berarti "roh yg suram, tidak jelas, atau redup". Yuurei adalah roh -roh orang mati yg tetap berada di antara orang-orang yg hidup untuk tujuan khusus, biasanya adalah untuk balas dendam. Sedangkan oni adalah raksasa bertanduk yg gemar memangsa manusia. Meski jepang kini telah menjadi bangsa yg modern, namun karena sejak kecil mereka dibesarkan dengan berbagai cerita tentang makhluk-makhluk tersebut, hati kecil mereka masih menyimpan rasa takut. Berikut adalah sebagian makhluk-makhluk yg dianggap paling seram di jepang:


Bakeneko

Bakeneko secara harafiah berarti monster kucing, yaitu kucing yg memiliki kemampuan supernatural karena telah mencapai usia tertentu, memiliki ukuran tertentu, atau dibiarkan memiliki ekor yg panjang. Bakeneko akan menghantui orang-orang ditempatnya tinggal dengan memunculkan bola arwah, mengganggu orang tidur dengan mimpi buruk, berjalan dengan dua kaki, berubah ujud menjadi manusia, bahkan memakan tuannya sendiri untuk bertukar tempat. Bakeneko juga dipercaya bisa berubah wujud menjadi orang yg mayatnya dilangkahinya. Bakeneko dapat dikenali dari ekornya yg terbelah menjadi dua dan kebiasaan mereka untuk menjilati minyak lampu. Bila bakeneko tertangkap dan dibunuh, diyakini sosok aslinya akan muncul dan panjangnya mencapai 1'5 meter.


Funayuurei

Funayuurei secara harafiah berari marine spirit, yaitu hantu dari orang-orang yg meninggal di laut. Biasanya hantu ini akan mendekati kapal dan meminjam ember penciduk. Bila penumpang kapal tersebut meminjamkannya, para funayuurei itu akan menciduki air laut kedalam kapal tersebut sampai kapal itu tenggelam.


Futakuchi-onna

Futakuchi-onna adalah youkai berupa wanita bermulut dua. Sebuah berada di wajah layaknya orang biasa, dan sebuah lagi ada di belakang kepalanya. Wanita yg menjadi futakuchi-onna biasanya pelit dan jarang makan. Untuk memenuhi kebutuhan perutnya, sebuah mulut akan muncul secara misterius dari belakang kepalanya. Mulut tersebut akan mengomel terus menerus dan meminta makanan. Bila keinginannya tidak dipenuhi, mulut tersebut akan menjerit dan meneriakkan kata-kata kotor dan menyebabkan wanita tersebut merasa kesakitan. Rambut sang wanita akan berubah menjadi sepasang tangan untuk membantu mulut kedua itu menyantap makanannya.


Kuchisake-onna

Kuchisake-onna atau wanita bermulut sobek biasanya tampil sebagai wanita cantik berbaju merah dan memakai masker di mulutnya. Ia kerap muncul di malam berkabut. Bila ia bertemu seseorang, ia akan bertanya, "watashi kirei?"(apakah aku cantik?), bila dijawab "ya", kuchisake-onna akan melepas maskernya sambil berkata, " meski wajahku seperti ini?" . Namun jika dijawab "tidak", maka kuchisake-onna akan menyerang dengan pisau. Ada juga yg mengatakan senjatanya adalah sabit atu gunting. Dalam bahasa jepang, kta kirei(cantik) memang memiliki bunyi yg mirip dengan pengucapan kata kire(memotong). Bila ingin elamat dari serangannya, jawablah dengan kata "lumayan", dan ketika wanita itu berpikir, sebaiknya kita melarikan diri. Ada juga yg mengatakan bahwa kuchisake-onna membenci "Pomade"(minyak rambut). Ia juga tidak akan menyerang anak kecil yg memberinya permen.


Kubikajiri


Kubikajiri adalah yuurei yg kerap terlihat di kuburan saathari telah gelap. Konon, kubikajiri mencari-cari kepalanya yang hilang, dan ia tak segan untuk memakan kepala orang yg ditemukannya, apakah masih hidup atau sudah berwujud mayat.




Sekian dulu penjelasan tentang japan scariest creatures di part 1 ini, nantikan kelanjutannya di part 2 yaaa..... *kya sinetron...^^*


*Nyopas dari animonster magazine*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar